Monday 31 October 2016

Origami



Belajar Membuat Origami

Origami merupakan sebuah teknik melipat kertas yang berasal dari jepang. Membuat origami bisa dijadikan aktifitas yang mengasikan bersama anak di rumah. Bahan kertas yang digunakan untuk origami adalah kertas yang bisa dilipat bukan kertas tebal atau karton. Bentuk yang diciptakan dari origami biasanya bentuk bunga dan binatang. Beragam bentuk dihasilkan dari tehnik melipat kertas yang bisa dipelajari mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. 
http://huwatehnik.blogspot.co.id/
Kertas origami banyak di jual di toko buku atau toko kerajinan tangan. Ada banyak pilihan warna dan ukuran kertas, Beberapa jenis kertas yang biasa digunakan:
1.     Washi, kertas ini merupakan kertas khas dari Jepang, di negara asalnya kertas ini biasa digunakan untuk origami, kertas washi lebih kuat dengan pilihan warna yang mencolok, harga kertas washi cukup mahal dan tekstur kertas terlihat lebih ekslusif.
2.     Kami, jenis kertas ini umum dijual di Indonesia, kertas jenis kami memiliki warna hanya di satu sisi dan satu sisinya berwarna putih. Tersedia dalam ukuran 2,5 cm sampai 40 cm, selain pilihan 1 warna pada sisi depan, ada juga pilihan warna bergradasi pada sisi muka kertas. Warna belakang tetap putih.
3.     Kertas fotokopi. Kertas ini sering digunakan untuk berlatih membuat origami agar tidak merusak tekstur warna saat salah melipat kertas kami. Harga kertas fotokopi lebih murah, tersedia dalam pilihan berat 70 sampai 90 gram.
4.     Kertas tissue, kertas ini biasa digunakan tuk origami advance atau dekorasi, jenis kertas mengkilap dan ada lapisan alumunium pada satu sisinya.
klik juga artikel lainnya http://www.raisalon.com
Selain jenis kertas, dalam membuat origami ada teknik melipat yang harus diperhatikan, beberapa buku panduan menuntun pemula yang ingin mempelajari tehnik membuat origami. Kesalahan saat melakukan lipatan membuat kertas berbekas dan harus mengganti kertas baru kalau ingin mendapatkan hasil yang bagus. Saat ini sudah berkembang tehnik membuat origami dengan menggunakan bantuan cat air, lem dan menggunakan bantuan klip kertas. Tersedia beragam model binatang dan bunga untuk dijadikan origami.

No comments:

Post a Comment